Terbit Oleh:
GPS Tidak Berfungsi Di Android - Sistem navigasi maps kita sering mandek? Inilah cara mengatasi gps yang mati tidak berfungsi.
Kesal dan menyebalkan itulah kata yang sering kami lontarkan ketika mengalami gps macet atau not working. Iya gps nya mati, nggak gerak padahal katanya peta offline.

Permasalahan ini tidak hanya terjadi pada peta offline seperti sygic navigation gratis yang beberapa saat lalu telah kami ulas, namun juga terjadi pada peta online semacam Google Maps dan Waze GPS. Secara umum penyebab mengapa hal tersebut dapat terjadi dikarena set up location pada smartphone kita tidak berfungsi dengan baik.

gps tidak jalan

Untuk itu disini penulis akan membagikan cara untuk mengatasi gps tidak berfungsi di android. Simak uraian kilatnya sebagai berikut:

Restart ulang pengaturan location

Silakan masuk ke pengaturan setting lalu pilih general, pada menu location silakan matikan. Setelah 10 detik berlalu silakan aktifkan kembali. Setelah itu restart hp android Anda.

Hapus cache data usage aplikasi peta, kemudian unduh restart ulang perangkat

Jika cara di atas tidak berhasil, silakan hapus cahce dan cokies data di perangkat Anda karena sering kali keberadaan cache dan cokies tersebut yang membuat sistem gps tidak berjalan dengan normal.

Hapus aplikasi kemudian silakan melakukan unduh ulang

Kami menyarakan tempatkan ini pada pilihan peringat terakhir, sebab akan menguras data sangat banyak ketika Anda melakukan download ulang, kecuali bila di rumah Anda sudah mempunyai jaringan internet sendiri seperti wifi unlimited yang terbuat dari fiber optik.

Cara memperbaiki lokasi path

Gps tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh banyak hal bisa aja karena lokasi path tidak terdeteksi tapi malah muncul ditempat lain. Padahal hal ini sangat penting apalagi untuk gps pelacak kendaraan hilang. Nah untuk mengatasi permasalahan seperti itu bisa dengan menggunakan ketiga cara diatas.

Terkadang suka gonta-ganti ROM Android membuat GPS menjadi lemot dalam mencari posisi/koordinat. Untuk itu perlu penyegaran pada sistem Androidnya. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada menu: Setting > Application Manager > cari Google Service Framework > Clear Data.
  • Selanjutnya: Setting > Application Manager > cari Maps > Clear Data dan End Run.
  • Lalu: Setting > Location Services > matikan semuanya (disable).
  • Restart Hape dan biarkan booting sampai masuk ke sistem.

Sekarang buka aplikasi GPS (atau Google Maps), mudah-mudahan sudah cepat meng-locking posisi barunya.

Penutup

Yang mana pun caranya silakan coba satu persatu, cara paling efektif dan paling ampuh adalah dengan langsung loncat ke poin 3, namun hal ini akan mengkonsumsi data dalam jumlah banyak.

Artikel Terkait